Sabtu, 24 November 2012

Menggerakkan Karakter Ulat


<1> Langkah pertama adalah seleksi semua bagian objek, lalu masuk ke menu Modifyv > Convert to Symbol atau F8.

<2> Pada kotak dialog Convert to Symbol, beri nama symbol movie clip lalu pilihlah Movie Clip pada opsi Type.

<3> Klik ganda pada objek yang telah diconvert menjadi movie clip hingga kita masuk pada area movie clip.

<4> Masuk ke menu Insert > Timeline > Keyframe atau tekan F6 pada keyboard untuk Shortcut Keyframe.

<5> Pada jendela Timeline, frame kedua masih aktifSeleksi seluruh objek badan ulat. Tekan tombol panah kiri pada keyboard sebanyak enam kali hingga seuruh objek badan bergeser  kekiri.
<6> Buat keyframe baru di frame 3 pada jendela timeline. Kemudian seleksi ketiga badan ulat dan lakukan penggeseran seperti langkah sebelumnya.

<7> Kini buat lagi keyframe baru di frame 4 pada jendela timeline. Selanjutnya seleksi hanya dua objek badan saja yang kemudian digerakkan seperti langkah sebelumnya.

<8> Tambahkan keyframe di frame 5 dan lakukan hal yang sama untuk satu objek badan terakhir
.

<9>  Tambahkan keyframe baru di frame 6 dan aktifkan hanya kepala ulat. Tekan tombol panah kiri sebanyak enam kali hingga objek kepala bergeser.

<10> Pada keyframe bari di frame 7. Kini aktifkan objek kepala dan satu objek badan. Kemudian lakukan penggeseran seperti Langkah diatas.

<11> Buat keyframe baru di frame 8, dan aktifkan tiga objek terdepan yang kemudian lakukan proses penggeseran enam kali.

<12> Ini adalah langkah terakhir pemberian animasi pada karakter Ulat. Buat keyframe baru lagi diframe 9 didalam movie clip. Selanjutnya aktifkan empat objek terdepan yang kemudian lakukan proses penggeseran objek kekiri sebanyak enam kali.

<13> Kini Anda dapat melihat hasil akhir pembuat objek Ulat dengan menekan Ctrl+Enter untuk masuk ke tampilan   Flash Player. Animasi yang dibuat dalam bentuk movie   clip, jika diputar didalam tampilan Flash Player akan   bergerak berulang-ulang atau looping.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar