Selection
tool
adalah
sebuah
fasilitas
yang digunkan
untuk
memodifikasi
bentuk
objek.
Modifikasi
yang dapat
dilakukan
antara
lain menyeleksi
objek,
mengubah
posisi,
membuat lekukkan
pada
objek
serta
digunakan
untuk
masuk
maupun
keluar
dari
area Group
objek
.
Subselection
tool
adalah
fasilitas
yang paling penting setelah selection tool dan
berfungsi sebagai modifikator bentuk
objek
melalui
point-point .subselection
akan
memunculkan
point-point itu pada
objek
yang diseleksi
atau
aktif
.
Color mixer adalah fasilitas pengatur pewarnaan pada objek .didalam satu bulan terdiri dari Fill dan Stroke (garis) color. Anda dapat mengubah jenis tipe atau mode color dari Solid menjadi Linear, Radial. atau Bitmap kemudian untuk mengatur tingkat teransparan pada onjek tentukan pada opsi Alpha (%).
Color swatchas adalah tampilan docker yang menampilkan warna-warna umum yang telah disediakan oleh software Macromedia Flash 8. Color
Swatches memiliki 12 warna pokok dan 216 warna umum serta 7 jenis warna gradasi. Untuk mengaktifkan Docker Color Swatches, Anda masuk ke menu Window > Color Swathches.
Paint Bucket
Tool adalah fasilitas yang digunakan untuk memberikan warna file pada objek. Fasilitas ini sering digunakan untuk memberikan warna fill pada objek kurva yang dijadikan objek kurva tertutup. Pemlihan warna dapat dilakukan dari Color Swathches atau pun Color Box.
Arrange Fasilitas
ini
digunakan
untuk
menyusun
beberapa
objek
didalam
atau
Layer yang sama.
Kita dapat
meletakkan
sebuah
objek
dibelakang
atau
didepan
objek
yang lain dalam
layer yang sama
pada
Timeline.
Di dalam fasilitas Arrange ini terdapat beberapa pilihan penyusunan diantaranya:
1.
Bring
to Front, digunakan untuk memposisikan objek diapisan teratas dari objek didalam layer tersebut.
2.
Bring
Forward, digunakan untuk memposisikan objek lapisan satu tingkat lebih tinggi,
3.
Send
Backward,
digunakan untuk memposisikan objek lapisan satu tingkat lebih rendah.
4.
Send
to
Back,
Digunakan untuk memposisikan objek kelapisan terbawah didalam layer tersebut.
5.
Untuk menggunakan fasilitas ini anda klik
menu Modifty
> Arrange atau klik kanan pada objek terpilih. Kemudian pilih salah satu piihan yang dibutuhkan.
Untuk membuat karakter kepompong seperti gambar diatas, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
<1> Langkah pertama, Anda membuat objek kurva menggunakan Pen Tool sebagai kerangka dasar karakter kepompong.
<2> Lakukan pengeditan kurva menggunakan Subselection Tool hingga mendapatkan bentuk objek.
<3> Buat dua garis terpisah menggunkan Line Tool diatas objek kerangka dasar kepompong.
<4> Lekukkan kedua garis tersebut menggunakan Selection Tool.
<5> Hapus bagian-bagian garis yang tidak dibutuhkan. Gunakan Selection Tool untuk menyeleksi setiap garis yang akan di hapus.
<6> Kemudian buat kembali objek garis menggunkan mode Objek Drawing
<7> Edit garis tersebut menjadi sebuah garis lekung.
<8> Saat objek garis masih terseleksi, hilangkan Mode objek Drawing pada garis dengan memilih Menu Modify > Break Apart (Ctrl+B)
<9> Lakukan pengeditan kurva kembali dibagian tertentu dari objek kerangka kepompong.
<10> Serta hapus objek garis yang tidak diperlukan hingga mendapatkan hasil akhir objek kerangka.
<11> Pada tahap kedua yaitu proses pewarnaan. Pilih warna hijau dengan kode warna #006600 pada Panel Color
Mixer.
<12> Gunakan Paint
bucket tool dan klik pada bagian objek kerangka.
<13> Masih pada Panel
Color Mixer, Anda pilih Type Radial dengan komposisi warna #00FF00
dan #006600.
<14> Kemudian klik Paint Bucket Tool pada bagian objek kepompong yang tersisa.
<15> Atur warna gradasi pada masing-masing bagian menggunakan Gradient Transform Tool.
<16> Selanjutnya buat ilustrasi objek mata pada kepompong menggunakan Oval Tool.
<17> Untuk membuat motif pada badan kepompong, Anda dapat mengunakan Brush Tool dengan ketentuan warna dan ukuran Brush.
<18> Sapukan Brush Tool secara acak diatas badan kepompong hingga mendapatkan.
<19> Buat jarring sebagai aksen penambah dari objek kepompong.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar