Sabtu, 24 November 2012

MEMBUAT KARAKTER KUPU-KUPU


Pensil tool adalah sebuah fasilitas yang digunakan untuk membuat objek kurva bebas menggunakan warna stroke. Ketebalan dan jenis dapat ditentukan sesuai kebutuhan pada panel Property. Anda dapat menggunakan metode hasil goresan pensil dari kontak options pada Tool Box.

Brush tool adalah sebuah fasilits yang digunakan untuk membuat objek bebas menggunakan warna Fill. Ukuran dan bentuk brush dapat ditentukan sesuai kebutuhan dari kotak Options pada Tool Box. Selain menggunakan warna default yang ada, file bitmap yan diimport dapat digunakan sebagai Fill.

Pada tampilan Option terdapat beberapa mode brush yang dapat digunakan. Antara lain:
§Paint Normal
membuat objek brush diatas stroke dan fill objek lain sehingga akan terjadi perpotongan bagi objek tersebut
§Paint Fills
membuat objek brush diatas objek lain pada layer yang sama dan tidak akan mempengaruhi stroke tapi mempengaruhi fill objek tersebut.


§Paint Behind
membuat objek brush dibawah objek lain pada layer yang sama sehingga akan terjadi perpotongan pada objek brush dan tidak akan mempengaruhi objek tersebut
§Paint Selection
membuat objek brush pada fill objek lain yang terseleksi tanpa mempengaruhi stroke dan melebihi area fill yang terseleksi
§Paint Inside
Mode ini dapat memotong objek brush jika pembuatan objek brush dari luar objek lain. Tetapi dapat mewarnai fill objek lain jika pembuatan objek brush dari dalam objek tersebut tanpa mempengaruhi objek stroke


Grouping , fasilitasn ini berfungsi untuk mengikat objek-objek dalam satu kesatuan objek. fasilitas ini bertujuan untuk menghindari perpotongan pada objek yang saling bertumpuk didalam satu layer yang sama serta mengikat objek-objek menjadi satu-kesatuan. sebuah objek group ditandai dengan adanya seleksi berbentuk persegi disekitar objek.


  Jika ini diperintah ini diterapkan, maka tidak bisa dilakukan proses apapun dalam sebuah objek secara parsial. Untuk dapat melakukan proses pengeditan objek, harus dilakukan pemecahan terlebih dahulu (Ungroup) atau dengan klik ganda pada objek group untuk masuk kedalam area objek group.

Layer adalah suatu lapisan pembatas yang dapat mengatur objek yang ada didalam layer tersebut. Dengan menggunakan layer, anda akan merasa nyaman melakukan proses editing pada objek karena fasilitas yang ada memungkinkan layer dapat berfungsi sebagai pembuat objek Mask, peletakan Script dan pengaturan urutan posisi objek tiap layer.

Untuk membuat karakter kupu-kupu seperti gambar diatas, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
<1> Tahap pertama adalah pembuatan objek sayap kupu-kupu.

<2> Gunakan Pensil tool, Selection tool, Subselection tool serta Brush tool untuk membuat satu rangkaian Sayap Kupu-kupu.

<3> Pilihlah Pensil tool dan pilihlah mode jenis Smooth pada kotak Option. Lalu buatlah objek karva berbentuk sayap kupu-kupu

<4> Aktifkan objek kurva menggunakan Subselection tool. Lalu tariklah tiap control point hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Setelah selesai berilah Fill putih pada objek menggunakan Paint Bucket tool dan Grouplah objek kurva dengan fasilitas Grouping.

<5> Copy objek kurva yang telah kita buat dengan menekan Ctrl+C. Kemudian paste hasil pengkopian objek dengan menekan Ctrl+Shift+V untuk memunculkan tepat diatas. 

<6> Aktifkan Free Transfrom tool, kemudian besarkan objek hasil pengkopian dan pindahkan kelapisan paling bawah. Perhatikan contoh seperti pada ilustrasi.

<7> Lakukan pengkopian kembali pada objek sayap awal. Kemudian objek hasil pengkopian tersebutsedikit dikecilkan. Perhatikan ilistrasi gambar.

<8> Ulangi kembali proses pengkopian pada objek awal. Kemudian perkecil objek hasil pengkopian seperti gambar.


<9> Buatlah objek kurva bebas menggunakan Brush Tool dengan ukuran brush paling kecil. Serta aktifkan Object Drawing dari kotak Option pada Tool Box.

<10> Tahap selanjutnya adalah proses pewarnaan pada objek sayap. Klik objek sayap bagian luar dan berilah Fill hitam pada objek tersebut, lalu hapus Strokenya.

<11> Kini lakukan proses pewarnaan pada objek sayap kedua seperti pada gambar. Berilah warna Gradasi Radial Biru dengan kode warna #0000FF dan #000066, kemudian hapus Strokenya.

<12> Kali ini berilah warna Orange dengan kode #FF9900 pada objek sayap ketiga.

<13> Lakukan juga pada objek tekstur seperti pada gambar. Berilah warna Orange muda dengan kode warna #FFCC00. Lalu hapuskan objek Strokenya. hingga menghasilkan tekstur yang indah.

<14> Selanjutnya kita akan menambahkan tekstur bercak pada sayap menggunakan Brush tool dengan Fill putih.

<15> Seleksi semia bagian objek sayap kupu-kupu kemudian lakukan proses Grouping pada objek.

<16> Tahap selanjutnya adalah pembuatan badan kupu-kupuAktifkan Oval Tool dan buatlah bentuk oval tanpa Stroke.

<17> Setelah proses diatas buatlah objek lingkaran dan letakkan diatas objek badan. Lihat analisa fasilitas desain pada Bab 2 untuk membuat objek lingkaran.

<18> Gunakan Pen Tool untuk membuat objek antenna pada kupu-kupu. Dan gunakan Selection tool untuk membuat lekkan pada objek kurva.

<19> Kini duplikatlah objek antenna menggunakan mouse, lihat analisa fasilitas desain. Kemudian masuk ke menu Modify > Transfrom > Flip Horizontal. Setelah menyelesaikan proses diatas, grouphlah semua bagian objek badan kupu-kupu menjadi satu objek group.

<20> Tahap selanjutnya adalah menggabungkan objek badan dengan sayap kupu-kupu. Letakkan objek badan dibawah objek sayap dengan fasilitas Send to Back. Lihat analisa fasilitas desain.

<21> Duplikatlah objek sayap, lalu gunakan fasilitas menu Modify > Transfrom > Flip horizontal. Kini Anda telah menyelesaikan proses pembuatan karakter kupu-kupu.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar